3 Museum Terbaik di Jakarta

Browse By

Ada banyak hal yang bisa dilihat, dirasakan, dan dipelajari di Jakarta. Salah satu tempat yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan atau pelancong, baik dari dalam maupun luar negeri, adalah museum. Entah untuk belajar sejarah, atau hanya sekedar mencuci mata, menikmati pemandangan tak biasa pada etalase di setiap koridornya.

Mereka bilang bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Oleh karenanya jika anda sedang berwisata atau kebetulan sedang berada di Jakarta, tidak ada salahnya jika mengunjungi beberapa museum di sana. Di Pusat Ibu Kota Republik Indonesia ini, banyak hal menarik yang bisa anda temukan dan ambil hikmahnya.

Mengetahui bahwasanya Jakarta merupakan Ibu Kota Republik Indonesia, maka museum di kota ini adalah tempat yang tepat jika anda tertarik untuk belajar sejarah melalui peninggalan-peninggalan berharga di masa lalu. Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi setiap museum yang ada di kota ini, berikut kami rangkum 3 (tiga) museum terbaik di Jakarta.

1. Museum Nasional

Museum Nasional: Museum Terlengkap dan Terbaik di Jakarta Indonesia

Nikmati eksotisme bangunan lama dan kemegahan peradaban di masa lalu – detak.co

Dari banyak museum yang ada di Jakarta, Museum Nasional dapat disebut sebagai museum terbaik. Tidak hanya dari segi bangunan, tata letak, tampilan, dan kebersihan yang selalu terjaga dan nyaris sempurnya, museum ini juga memuat peninggalan sejarah yang cukup lengkap dan mendetik. Peninggalan-peninggalan penting yang tidak seharusnya dilupakan untuk menjadi pelajaran bagi generasi mendatang. Tidak hanya sebatas peninggalan dari lokasi sekitar museum didirikan, Museum Nasional juga memuat peninggalan-peninggalan penting dari seluruh penjuru Nusantara.

Museum ini juga dikenal dengan “Museum Gajah” karena menyimpan begitu banyak peninggalan kerajaan Majapahit, masa dimana Nusantara menjadi penakluk dunia. Terdapat patung Ganesha yang masih asli, juga beberapa patung raja-raja lainnya yang dapat membuat bulu kuduk kita berdiri, mengenang bagaimana bangsa ini merupakan bangsa yang begitu besar di masa lalu, dan akan tetap besar hingga akhir zaman nanti.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Miniatur Indonesia:  TMII Museum Terbaik di Jakarta

Rasakan serunya menjelajah seluruh nusantara di TMII – museumsyndicate.com

Jika anda cinta dengan tanah air, dan mendamkan untuk berkeliling Indonesia suatu saat nanti, namun belum memiliki budget dan keuangan yang cukup untuk melihat seluruh budaya dan karakteristik bangsa pada tiap-tiap daerahnya, anda bisa mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah  (TMII). Anda bisa melihat miniatur bangsa Indonesia melalui museum ini.

Banyak hal yang bisa dilihat dan dipelajari di TMII. Baik kebudayaan dalam bentuk fisik, maupun non-fisik. Menjadikan TMII sebagai salah satu taman dan museum terbaik di Jakarta untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya berfungsi sebagai taman rekreasi, namun juga edukasi untuk mendorong kecintaan anak-anak terhadap budaya, dan memberikan pelajaran tentang besarnya warisan dari bangsa ini.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia: Bangunan Tua Terbaik di Jakarta

Belajar ekonomi dan perbankan lebih menyenangkan di Museum Bank Indonesia – bi.go.id

Banyak dari mereka yang berkata bahwa belajar sejarah selalu membosankan. Namun tidak demikian jika kita mengunjungi Museum Bank Indonesia. Tidak selalu berisi bangunan tua dan barang-barang peninggalan masa lalu, Museum yang satu ini menghadirkan sebuah pembelajaran melalui peninggalan-peninggalan unik dan menarik tentang ekonomi dan perbankan. Anda bisa mengamati bagaimana keduanya berkembang dari masa ke-masa di Indonesia, mengambil pelajaran darinya, dan keluar sebagai seorang yang berbeda.

Selain dari barang-barang yang dipajang di setiap koridornya, setiap inci bangunan yang begitu memukau dan edukatif juga merupakan sebuah peninggalan di masa lalu, yang masih terjaga dan masih terawat dengan baik. Jika anda mengagumi arsitektur, MBI adalah museum yang harus anda kunjungi jika kebetulan sedang traveling atau berada di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *