5 Pantai yang Aman untuk Berenang di Gunungkidul

Browse By

Pantai Selatan dikenal dengan ombak yang begitu mengerikan karena langsung berhadapan dengan samudera. Tak hanya itu, karang-karang yang tak rata pun juga menjadi salah satu alasan mengapa pantai selatan, termasuk pantai yang ada di Gunungkidul menjadi begitu mematikan.

Namun saat mengunjungi sebuah pantai, tidak lengkap rasanya ketika belum berenang atau sekedar bermain air. Dari sekian banyak pantai yang ada di Gunungkidul, Yogyakarta, berikut 5 pantai paling aman untuk berenang dan bermain air.

Beberapa pantai di bawah ini dapat dijangkau dengan mudah, beberapa lagi memaksa anda untuk melakukan trekking selama beberapa menit atau bahkan jam sebelum bisa sampai pada bibir pantai yang dimaksud. Jika anda kurang menikmati kegiatan trekking dan ingin cepat sampai dan menikmati keindahan pantai, sebaiknya lewati 2 list pertama dan mulai pada list ke-3.

Sebaliknya, jika anda sangat menikmati perjalanan yang menantang dan pemandangan memukai dari sebuah kelelahan, list nomor 1 dan 2 mungkin akan sangat menarik bagi anda.

1. Pantai Greweng

Pantai Greweng Gunung Kidul Aman untuk Main Air

Surga di antara himpitan tanjung kecil – danisetiawanku.com

Dari tempat parkir ke bibir pantai, anda harus berjalan selama kurang lebih 2 kilo meter. Meskipun cukup jauh, namun dalam perjalanannya anda akan disuguhkan dengan pemandangan tebing karang yang memukau, melewati bibir goa bawah tanah, juga hutan mini di sepanjang aliran sungai. Bibir pantai pada pantai yang satu ini relatif pendek, namun cukup lebar, sehingga ketika sedang pasang anda anda tetap bisa bermain air. Setelah puas bermain air dan berenang di Pantai Greweng, anda bisa membilas diri pada aliran sungai air tawar.

2. Pantai Sedahan

Pantai Sedahan Gunung Kidul Pantai yang Aman untuk Kemping dan Berenang

Anda akan betah di pantai ini, hingga memutuskan untuk kemping – explorewisata.com

Lokasi pantai sedahan berdekatan dengan Pantai Greweng dan pantai Jungwok. Dari area parkiran, anda bisa memilih diantara ketiga pantai ini. Sama seperti Pantai Greweng, anda harus melakukan trecking kurang lebih sejauh 4 kilo meter hingga bisa menikmati keindahan dan bermain air di Pantai Sedahan. Namun keletihan tidak akan begitu terasa karena jalan setapak yang indah, barisan persawahan, tak ketinggalan dengan aktivitas warga lokal yang ramah akan memanjakan mata dan batin anda.

3. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun Pantai yang Aman untuk Berenang di Gunung Kidul Yogyakarta

Menikmati indahnya hamparan samudera di puncak tebing Pantai Ngetun – familinia.com

Sama seperti halnya kedua pantai sebelumnya, bibir pantai yang dihimpit oleh dua tebing dan karang yang memecah ombak besar membuat anda bisa bermain air dan berenang sepuasnya di Pantai Ngetung Gunungkidul, Yogyakarta. Jika memiliki cukup waktu, anda juga bisa menikmati hamparan samudra dari ketinggian pada sisi kiri tebing. Tidak ada salahnya untuk mengambil beberapa gambar ketika anda dihadapkan pada pemandangan yang luar biasa.

4. Pantai Nglambor

Berenang dan Snorkling di Pantai Nglambor

Nikmati pengalaman mantai yang berbeda di Pantai Nglambor – tipswisata.co

Tidak hanya basah-basahan yang akan anda dapatkan di Pantai Nglambor, anda juga bisa menikmati indahnya biota laut dengan melakukan snorkeling di sana. Jika anda memutuskan untuk bernang dan menikmati indahnya Pantai Nglambor, anda membutuhkan beberapa jam tambahan karena mungkin anda tak mau beranjak dari sana. Pastikan untuk menggunakan perlengkapan snorkeling yang memadahi karena beberapa trumbu dan karang mungkin dapat menyakiti kaki anda.

5. Pantai Sadranan

Pantai Sadranan Gunung Kidul Pantai Aman untuk Renang

Berenang dan bermain air sepuasnya di Pantai Sadranan – piknikasik.com

Pantai ini dilindungi oleh sebuah tebing besar yang bernama watu lawang, memecah ombak besar sebelum sampai ke bibir pantai dan meninggalkan beberapa ombak kecil sehingga anda akan aman jika berenang di Pantai Sadranan. Saat surut, dasar pantai akan terlihat dan anda bisa berjalan menyusuri karang hingga sampai di watu lawang, tebing besar dengan lubang tengah yang berbentuk seperti pintu.

Ada banyak sekali jajaran pantai yang menghampar. Sebagian telah ramai oleh wisatawan, sebagian lagi bahkan belum tersentuh oleh keramaian. Apakah anda tertarik untuk mengunjungi salah satu pantai di atas?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *