7 Hal Penting dalam Merencanakan Sebuah Perjalanan Wisata

Browse By

Berwisata atau melakukan perjalanan wisata umumnya dilakukan untuk memberikan ruang bagi jiwa dan raga setelah dalam kurun waktu tertentu melakukan pekerjaan yang menjemukan dan menguras banyak pikiran, sepertihalnya bekerja atau belajar. Banyak pilihan wisata yang bisa dipilih untuk mengisi liburan anda. Mulai dari wisata ringan seperti jalan-jalan, mengunjungi kebun binatang, atau pusat perbelanjaan, hingga wisata ekstrim yang memacu adrenalin dan menantang maut.

Namun, beberapa kondisi kadang membuat perjalanan wisata menjadi begitu melelahkan, menguras tenaga, waktu, juga kondisi keuangan yang justru membuat mood anda semakin buruk. Untuk itu, 7 hal berikut penting untuk anda perhatikan agar kegiatan bersiwata anda dapat memberikan dampak dan hasil yang berkesan.

1. Angaran dan Pengeluaran

Merencanakan destinasi wisata dan berbagai pengeluaran terkait dengan akomodasi dan konsumsi jauh sebelum hari H adalah suatu hal yang penting. Hal ini agar kita memiliki batasan dalam membelanjakan uang yang kita miliki. Jika kita tidak memiliki batas wajar pengeluaran yang harusnya kita keluarkan dalam berlibur, suang seolah akan mengucur deras dari kantong kita dan membuat pusing tujuh keliling setelah perjalanan wisata berakhir.

2. Budget dan Jenis Wisata

Ada banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi di sekitar anda. Namun tak semuanya bisa dikunjungi dengan kurun waktu dan angaran yang telah disusun. Jika anda memiliki budget yang cukup banyak untuk perjalanan yang akan anda lakukan, memilih paket perjalanan wisata akan sangat mempersingkat waktu anda. Namun anda harus selektif dalam memilih paket perjalanan wisata jika memiliki budget yang tidak cukup banyak. Melakukan eksplorasi secara mandiri melalui mesin pencari atau berdiskusi dengan rekan traveller lainnya mungkin menjadi pilihan jika anda memiliki budget yang pas-pasan namun tetap ingin berwisata.

3. Jadwal dan Destinasi Wisata

Meskipun anda bersiwata untuk sekedar mengasingkan diri dari rutinitas dan jadwal yang mengikat, ada baiknya anda menyusun jadwal kunjungan dan destinasi wisata yang akan anda kunjungi. Pertimbangkan jarak antar daerah wisata yang akan anda kunjungi, juga berapa lama durasi atau waktu yang akan anda habiskan di sana. Sesuaikan dengan waktu buka atau tutupnya wisata tersebut. Hal ini sangatlah penting, meskipun jadwal tersebut pada akhirnya bersifat fleksibel, setidaknya daftar tersebut dapat membuat perjalanan anda menjadi lebih efisien.

4. Alternatif Wisata Murah

Ada banyak alternatif yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan perjalanan wisata yang murah. Cara paling ampuh ialah dengan menekan biaya-biaya yang dirasa kurang relevan, apalagi jika anda sedang bepergian sendiri. Misalnya, daripada menginap di hotel ataupun hostel, membawa peralatan camping dan menginap beberapa malam di luar ruangan dan menikmati indahnya dunia malam yang asri mungkin akan memberikan dampak yang begitu besar pada penghematan yang bisa anda lakukan. Selain itu, anda bisa mencoba berbaur dan menikmati jamuan makanan yang ada di jalanan, alih-alih membelinya di restoran atau franchise makanan siap saji. Penghematan besar juga bisa anda dapatkan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang belum begitu dikenal namun memiliki daya tarik dan dapat memberikan kesan liburan yang tak kalah fantastis dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

5. Membiasakan dengan Lingkungan

Lingkungan, sepertihalnya suhu dan cuaca di tempat wisata yang akan kita kunjungi mungkin akan sedikit berbeda ketika kita sedang berwisata. Pastikan untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan benar, agar nantinya kita tidak salah kostum. Selain itu anda harus memahami bagaimana kebiasaan dan budaya dalam berpakaian atau berhias. Hal ini cukup krusial, karena di Indonesia sendiri tata cara berpakaian masih menjadi suatu hal yang sensitif dan dapat menyinggung beberapa isu seperti agama dan dituding menjadi penyebab terbesar dari kasus pelecehan seksual. Tentunya anda tidak mau terlibat dengan masalah kurang penting bukan selagi anda berwisata ke suatu tempat?

6. Persiapan dan Keselamatan

Jika anda selalu tertantang dengan hal-hal baru, ingin mencoba pengalaman yang memacu adrenalin, serta tertarik untuk mencoba wahana dan tempat wisata yang mungkin dikategorikan sebagai wisata “mematikan” bagi sebagian orang, persiapan dan menganalisa kemampuan diri menjadi penting. Sepertihalnya aktivitas trekking, hiking, rafting, atau wisata dengan tema adventure yang membutuhkan persiapan fisik yang matang dan beberapa prosedur yang benar-benar harus dipahami dan dilakukan baik sebelum, pada saat, atau sesudahnya. Tentu anda tidak ingin perjalanan wisata yang menyenangkan itu justru membuat anda harus berurusan dengan rumah sakit, berbaring di tempat pesakitan, atau bahkan lebih parah dari itu bukan?

7. Ke mana, Di mana, dan Bagaimana

Masih terkait dengan keselamatan dan bagaimana nantinya kita bisa selamat sampai di rumah, mengetahui kemana harus meminta bantuan di saat-saat genting adalah hal yang krusial. Misalnya ketika kamu bepergian ke luar negeri, kamu harus memiliki akses untuk komunikasi dengan membeli nomor lokal, mengetahui kontak penting seperti kantor polisi, rumah sakit, atau pemadam kebakaran. Contoh lainnya, ketika kamu berada di tempat terpencil, tanpa sinyal, kamu hendaknya mengetahui bagaimana cara untuk berkomunikasi atau setidaknya meminta bantuan dengan alat dan kondisi yang seadanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *