7 Kesalahan Paling Umum Dalam Traveling

Browse By

Ada beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan seseorang ketika melakukan traveling ataupun perjalanan wisata, baik bagi yang telah berpengalaman atau baru saja memulai untuk melakukan traveling.

Beberapa kesalahan tersebut ada yang bersifat konyol, sederhana, hingga kesalahan yang benar-benar fatal, yang dalam prosesnya dapat mengganggu dan membuat perjalanan wisatamu menjadi sedikit kurang menyenangkan.

Untuk itu, berikut 7 kesalahan yang kerap dilakukan orang seorang traveler, khususnya traveler pemula.

1. Kaku dengan Target

Merencanakan Perjalanan Wisata

Berjalan sesuai rencana memang penting, tapi menikmati perjalanan lebih penting – bostonmagazine.com

Menyusun jadwal dan daftar destinasi wisata yang akan dituju memang penting, namun informasi yang kita dapat dari riset kecil kita kadang kurang sesuai dan membuat perjalanan wisata terhambat. Ada beberapa destinasi yang harus direlakan dan fokus untuk menjangkau apa yang paling mungkin di jangkau. Terlalu kaku dengan target justru akan membuat anda tidak bisa menikmati perjalanan wisata anda.

2. Keluar dari Budget Awal

Kantong Kering Karena Traveling

Jangan sampai anda bangkrut karena tidak bisa mengendalikan diri saat traveling – imoney.sg

Meskipun kita harus fleksibel dengan destinasi dan waktu perjalanan saat traveling, anda sebaiknya harus benar-benar mempertimbangkan untuk tetap menggunakan keuangan berdasarkan perencanaan awal. Ingat kembali tujuan awal untuk melakukan perjalanan wisata. Entah itu mencari suasana dan pengalaman baru, atau sekedar bersenang-senang, tentunya anda tidak ingin dipusingkan dengan bengkaknya pengeluaran di akhir perjalanan bukan?

3. Overpacking dan Ribet Sendiri

Barang Penting yang Harus Dibawa Saat Traveling

Bawa barang-barang terpenting, tinggalkan yang kurang penting – boston.com

Bagi traveler pemula, mungkin akan sedikit merasa gugup ketika pertama kali melakukan packing atau persiapan sesaat sebelum berangkat traveling. Berbagai ketakutan dan kekhawatiran, serta ketidakmampuan untuk membayangkan situasi di lapangan membuat anda membawa segala perlengkapan yang mungkin nanti dibutuhkan. Namun hal tersebut justru membuat barang bawaan anda terlalu banyak dan justru menjadi beban tersendiri pada perjalanan anda.

4. Tidak Mencadangkan File

Paspor Adalah Barang Wajib yang Harus Dibawa Saat Traveling

Cadangkan file penting dalam bentuk digital dan fisik, termasuk foto travelingmu – cntraveler.com

Mencadangkan file seperti dokumen penting, atau foto pada momen-momen berkesan selama traveling cukup penting jika nantinya terdapat situasi di luar kendali seperti copet, jambret, atau kondisi lain yang membuat anda kehilangan akses dengan barang-barang Anda. Tentunya anda ingin bisa tetap aman saat traveling bukan, apalagi sampai kehilangan foto momen berharga yang telah berhasil anda jepret dengan susah payah.

5. Tidak Memastikan Jadwal Reservasi

Perhatikan Jadwal Reservasi dan Keberangkatan Saat Traveling

Pastikan kembali anda membeli tiket dan melakukan reservasi pada jadwal yang benar – atpi.com

Seringkali kita telah cukup  merasa lega sesaat setelah tiket telah kita pegang atau kode reservasi telah kita dapatkan. Hingga saat hari H, anda lupa untuk mengecek kembali jadwal reservasi atau yang tertera pada tiket dan ternyata tidak sesuai dengan apa yang anda perkirakan atau terjadi beberapa kesalahan entah pada jadwal, tempat, ataupun harga yang membuat anda harus mengurus ini dan itu, hingga kurang bisa menikmati perjalanan anda.

6. Tidak Ada Asuransi Perjalanan

Traveling Selagi Masih Muda

Lebih bisa menikmati perjalanan dengan asuransi – weknowyourdreams.com

Asuransi perjalanan biasanya diabaikan oleh traveler dalam rangka melakukan penghematan. Padahal, asuransi perjalanan sangat penting bagi seorang traveler. Anda tak perlu lagi pusing dengan pembatalan tiket pesawat, kehilangan bagasi, penundaan perjalanan, atau keadaan darurat medis, karena berbagai ketidaknyamanan itu akan ada kompensasinya jika anda membeli asuransi selama perjalanan anda. Dengan begitu, anda tidak perlu menghawatirkan hal-hal kurang penting dan bisa fokus untuk bersenang-senang.

7. Tidak Mendengarkan Nasehat Orang Lokal

Masyarakat Lokal Papua

Jika anda tersesat di jalan, jangan malu untuk bertanya pada warga setempat – dhony-syach.blogspot.co.id

Anda tentu telah melakukan riset kecil terkait daerah yang akan anda kunjungi. Namun seberapa canggih pun teknologi yang anda gunakan dan informasi yang anda dapatkan, tak ada yang bisa menandingi hebatnya pengetahuan masyarakat lokal terkait daerahnya sendiri. Adq banyak hal menarik yang bisa  anda dapatkan dengan berbincang-bincang bersama masyarakat lokal. Seperti halnya menemukan sebuah tempat eksotis yang belum terjamah, tempat dan lokasi wisata murah, hingga warung dan restoran lezat yang akan membuat traveling anda menjadi lebih berkesan.

Terlepas dari itu semua, beberapa keluh kesah dan masalah yang kita hadapi dalam sebuah perjalanan wisata terkadang mampu menjadi pelajaran tersendiri, memberikan pengajaran, dan pengalaman yang tak akan pernah terlupakan untuk diceritakan kepada anak cucu kita. Meskipun berkesan, kesalahan di atas bukan untuk di ulang bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *