7 Tempat yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berwisata ke Yogyakarta

Browse By

Jogja atau sapaan akrab dari Kota Yogyakarta telah menjadi kota pariwisata. Jika anda mengunjungi Yogyakarta, anda tentu akan dibuat kebingungan dengan destinasi apa yang seharusnya anda kunjungi saat traveling atau berwisata ke Jogja. Apalagi, beberapa destinasi baru mulai bermunculan seiring dengan kesadaran pariwisata yang mulai tumbuh baik pada masyarakat lokal maupun pemerintah setempat.

Mulai dari wisata alam, wisata air, pantai, agrowisata, hingga wisata keluarga dan edukasi seperti taman, museum, serta jajaran candi dan peninggalan budaya dapat kalian nikmati di kota yang juga kerap disebut sebagai kota pelajar ini. Dengan begitu banyak pilihan wisata, rasanya tak cukup sehari atau dua hari saja jika mengunjungi kota Jogja.

Ada beberapa tempat atau destinasi wisata populer di jogja. Berikut beberapa objek wisata atau destinasi favorit yang mungkin bisa anda jadikan referensi jika anda sedang berwisata ke Yogyakarta. Berikut 7 tempat atau destinasi tujuan favorit jika anda traveling ke Jogja.

1. Tugu Jogja

Tugu Jogja, Wisata Murah di Yogyakarta

Wisata gratis di Yogyakarta, belum lengkap jika belum ke sini – vacationbaliindonesia.com

Tugu jogja adalah destinasi yang harus ada di dalam list anda jika pertama kali mengunjungi Yogyakarta. Tugu Jogja merupakan ikon utama kota Yogyakarta. Tidak hanya dipenuhi lampu yang gemerlap, juga anak muda yang lalu lalang di malam hari, tugu ini menyimpan sejarah yang begitu mendalam dan menjadi akar yang membangun kota Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah-tengah sebuah persimpangan. Tak hanya menemukan banyak keramaian lalu lalang, anda juga dapat menikmati secangkir “Kopi Joss” di emperan sembari mencicipi beberapa makanan jalanan.

2. Jalan Malioboro

Malioboro, Tempat yang Wajib Dikunjungi Jika ke Jogja

Nikmati jajanan tradisional di jalanan Malioboro dengan secangkir kopi – anekatempatwisata.com

Destinasi ikonik lainnya dari kota Yogyakarta adalah Jalan Malioboro. Tak perlu menggunakan kendaraan yang akan menambah polusi, anda cukup berjalan beberapa ratus meter ke arah selatan, melewati rel kereta api, hingga sampailah anda di Jalan Malioboro. Anda bisa menikmati makanan jalanan, juga beberapa pedagang yang menjual kaos dan dagangan khas Jogja lainnya. Jika anda mengunjungi Jalan Malioboro, jangan lupa untuk menawar setengah harga dari harga yang ditawarkan.

3. Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredenburg, Salah Satu Destinasi Wisata Murah di Yogyakarta

Murah dan mendidik, setidaknya sekali anda harus mengunjungi museum yang satu ini – visitingjogja.com

Dari Tugu Jogja, masih dalam ruas jalan yang sama, anda akan menemukan sebuah banteng yang kini menjadi museum pada kiri jalan sebelum persimpangan. Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari perjuangan dan kerasnya hidup para pahlawan di masa mendatang. Setelah menghabiskan uang untuk membeli jajanan dan belanjaan, tidak ada salahnya untuk sedikit merenung dan mensyukuri nikmat kemerdekaan dengan melihat dan mempelajari sejarah di masa lalu.

4. Keraton Jogja

Wisata Murah di Keraton Yogyakarta

Sejarah, budaya, dan politik, semua bisa anda dapatkan di Keraton Yogyakarta – maioloo.com

Tidak hanya menyimpan nilai sejarah, Keraton Jogja juga menghadirkan nuansa budaya yang akan membuat siapapun terkesima jika mengunjunginya. Pasalnya, tidak hanya sebagai peninggalan budaya, Keraton Jogja hingga kini masih difungsikan sebagaimana mestinya. Tidak heran, ada aturan terkait jam kunjungan di Keraton Jogja agar kegiatan wisatawan tidak mengganggu kegiatan apapun yang ada di sana.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan: Ikon Kota Jogja

Menghabiskan senja di situs peninggalan kebudayaan Hindu terbesar se-asia tenggara – indonesia.travel

Bergeser agak jauh dari komplek pusat kota, ikon lain dari Kota Jogja yang juga menyimpan nilai sejarah yang jauh lebih kuno dari Kesultanan Jogja sendiri adalah Candi Prambanan. Merupakan candi Hidu terbesar se-Asia Tenggara, candi ini tak pernah luput dari wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Anda juga bisa melihat dan menyaksikan gugusan candi-candi lainnya di sekitar Candi Prambanan, saksi nyata bagaimana tempat ini dulu merupakan tempat yang disakralkan, bahkan hingga saat ini.

6. Candi Borobudur

Sunrise di Candi Borobudur

Memulai trip hari ini dengan pemandangan memukau dari puncak peninggalan kebudayaan Budha – trivindo.com

Jika Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar se-Asia Tenggara, maka Candi Borobudur merupakan Candi Budha terbesar se-Asia Tenggara. Meskipun terletak jauh bahkan mungkin bisa di katakana tak lagi berada di Kota Jogja, namun belum lengkap rasanya jika anda belum sekalian mengunjungi Candi Borobudur ketika berwisata ke Jogja. Pasalnya, kedua candi ini memiliki hubungan dan nilai sejarah yang sangat erat. anda juga bisa mendapatkan diskon dan memesan tiket terusan untuk dua candi di atas.

7. Pantai Parangtritis

Parangtritis: Wisata Pantai Ikonik di Yogyakarta

Nikmati hempasan angin, deburan ombak, dan hamparan pantai yang memukau di Parangtritis – indonesia.travel

Meskipun banyak jajaran pantai yang jauh lebih bagus dan lebih indah gi Gunungkidul, Yogyakarta, namun Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon Yogyakarta. Jika anda datang dengan rombongan atau beramai-ramai untuk kunjungan singkat, pantai yang satu ini sangatlah tepat. Selain akses yang sangat mudah, memungkinkan untuk kendaraan besar seperti bus atau truk berlalu lalang, anda juga tidak perlu menempuh perjalanan panjang atau trekking untuk sampai ke bibir pantai. Nikmati hempasan angina dan suara ombak yang akan meneduhkan kalbu di Pantai Parangtritis.

Lima destinasi wisata pertama adalah lima destinasi dengan lokasi yang berdekatan, sayang sekali jika anda tidak mengunjungi ke-limanya saat bertandang ke Yogyakarta. Anda juga belum ke Jogja, jika belum menungjung 7 destinasi wisata di atas. Bagaimana menurutmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *